Sabtu, 21 Juli 2012

REPUTASI + KARAKTER

COOL – SELASA 28 AGUSTUS 2012
Ref: Matius 4:19 <1>
Bahan ini bisa di download di sini 
PENDAHULUAN
Ajakan Yesus untuk mengikutiNya mengandung dua pengertian. Kita harus memahami tentang adanya suatu (1) Tujuan, dan adanya suatu (2) Perjalanan. Kesuksesan dalam kehidupan merupakan gabungan dari keduanya. Kita tidak dapat sampai ke tujuan jika kita tidak melakukan perjalanan. Sebaliknya, perjalanan pun harus memiliki tujuan, ke tempat yang mau kita capai. Sebagai murid Tuhan, tentu kita mau sampai ke tempat di mana Guru kita berada bukan?!.
Apa yang kita capai dalam kehidupan adalah reputasi, namun yang tidak kalah penting dalam pencapaian tujuan perjalanan kehidupan ini, adalah kita harus terus belajar dan berupaya agar menjadi seperti orang yang kita ikuti. Itulah karakter.
Banyak orang yang punya reputasi hebat tapi karakternya tidak menunjang, sehingga orang tersebut gagal menjadi panutan keberhasilan. Dalam Alkitab salah satunya adalah Simson. Dia bertalenta, diurapi luar biasa, dan dipakai Tuhan dengan dahsyat. Dia terkenal dan ditakuti banyak lawan. Namun karakternya tidak sanggup menunjang reputasinya, sehingga hidupnya berakhir tragis.

URAIAN
Pondasi di bawah sebuah reputasi keberhasilan, dikuatkan atau malah dihancurkan oleh karakter. Bagaimana karakter terbentuk, dan apa hubungannya dengan masa depan?
1. Menabur pemikiran, menuai perbuatan;
2. Menabur perbuatan, menuai kebiasaan;
3. Menabur kebiasaan, menuai karakter;
4. Menabur karakter, menuai masa depan;
Dapatkah saudara melihat betapa pentingnya pemikiran? Perubahan pemikiran dapat mengubah masa depan! Pemikiran yang benar menghasilkan perbuatan dan kebiasaan yang benar pula. Kebiasaan tersebut akan membentuk karakter kita dan menentukan ke depan reputasi yang kita bangun. Keberhasilan = Reputasi (bagus) + Karakter (bagus).
SHARING
”Ceritakan pengalaman saudara berdasarkan 4 level pernyataan di atas, baik itu pengalaman yang membangun kehidupan saudara atau bahkan sebaliknya”
PENUTUP
Boleh saja kita menjadi kaya, terkenal, top, handal, dan menjadi history-maker yang akan dikenang orang, tapi seluruh reputasi itu akan menjadi sempurna dan menjadi kesaksian bagi banyak orang, bila kita pun memiliki karakter seperti yang Tuhan mau (Gal5:22-23).















0 komentar:

Posting Komentar